• Selamat Datang di SmilePedia Blog

    Terimakasih telah berkenan mengunjungi blog ini. SmilePedia Blog adalah sarana untuk belajar sistem operasi berbasis Linux/Ubuntu. Blog ini dibuat karena kami ingin berbagi informasi seputar Ubuntu. Kami harap tutorial-tutorial yang kami tulis dapat dipahami secara mudah dan jelas.

  • Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!

    Satu lagi penyedia layanan Web Hosting dan Domain terbaik nomor 1 dan termurah di Indonesia yaitu Rajawebhost.com. Garansi 14 hari uang kembali, proses aktivasi cepat dalam hitungan detik, memberikan kecepatan akses yang tiada tara, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Langsung saja ke Rajawebhost.com. Baca selengkapnya di sini!!

  • Download Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) Final

    Quantal Quetzal sudah dirilis dan tersedia untuk di-download. Quantal Quetzal membawa berbagai update seperti kernel 3.5, lingkungan desktop Gnome 3.6.0, dan interface Unity 6.8, serta aplikasi perkantoran seperti LibreOffice 3.6.2

  • Hal Yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 12.10

    Setelah Anda menginstal Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk memberi panduan kepada pemula di Ubuntu mengenai apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 12.10.

  • Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail) Hadir Dengan LibreOffice 4.x Series

    Beberapa inovasi sudah beredar bahwa Ubuntu 13.04 akan diberi nama Raring Ringtail, dan berita terbaru ini mengacu pada LibreOffice yang akan dipasang pada Ubuntu 13.04 yaitu pada versi 4.x. series

Friday, August 24, 2012

Cara Install Avast Antivirus di Ubuntu 12.04 (Precise Pangolin)


Linux adalah sebuah sistem operasi yang bebas virus, namun perlu kita ingat bahwa tidak ada yang OS yang tidak memiliki kelemahan. Menurut pengalaman saya sampai saat ini saya belum pernah menghadapi virus di OS Linux saya. Dan sebenarnya kita tidak perlu menginstall aplikasi antivirus. Linux memiliki 3 jenis user yaitu root, user biasa dan orang lain (other people). Komputer yang terkena virus, biasanya virus telah merusak file system. Pada linux agar virus dapat menulari file system, virus harus dapat mengakses password root yang hampir mustahil. Lalu untuk apa ada Antivirus di Linux. Jika Anda menggunakan windows dan linux saling bergantian, dan memindahkan data dari komputer-komputer Windows dan linux menggunakan flashdisk atau media lainnya, ada kemungkinan virus membonceng dengan media tersebut. Sistem Linux tidak akan mengenali ada virus pada media tersebut, tetapi antivirus dapat mengenalinya. Jadi menginstall Antivirus dalam Linux hanya untuk jaga-jaga saja,,Hehehehe...^^
Tapi jika Anda cukup jeli, Anda dapat membersihkan virus pada flashdisk secara manual. Dengan mengenali file/dokumen-dokumen kerja Anda, dan file-file aneh bisa kita asumsikan sebagai virus.
Nah, pada tutorial sederhana ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menginstal Avast Linux Home Edition di Ubuntu 12.04. Meskipun Linux OS sudah dijamin keamanannya, software antivirus dapat digunakan untuk memindai partisi windows atau removable drive di Ubuntu.
Avast Linux Home Edition diberikan secara gratis tetapi hanya digunakan untuk pengguna rumahan dan bersifat non-komersial.


Oke dah langsung saja kita install.
Sebelumnya download dulu Avast Antivirusnya, filenya dalam bentuk .deb. Untuk mendownload, jalankan perintah berikut pada terminal.

wget http://files.avast.com/files/linux/avast4workstation_1.3.0-2_i386.deb

Kemudian jalankan perintah ini untuk menginstall file .deb yang telah Anda download:

sudo dpkg -i avast4workstation_1.3.0-2_i386.deb

Ketika Anda menjalankan Avast Antivirus, Anda diminta untuk mendaftar. Caranya klik "Click here to obtain license key" untuk mendapatkan lisensi secara gratis.


Jika Anda menggunakan Ubuntu 64-bit, Anda harus menginstal paket i32-libs terlebih dahulu:

sudo apt-get install ia32-libs

Kemudian jalankan perintah berikut untuk menginstall Avast:

sudo dpkg --force-architecture -i avast4workstation_1.3.0-2_i386.deb

Setelah paket-paket selesai diinstal pastikan bahwa semua library yang dibutuhkan dapat ditemukan. Gunakan perintah ini:

ldd /usr/lib/avast4workstation/bin/avastgui
ldd /usr/lib/avast4workstation/bin/avast

Scroll kedua daftar dan pastikan bahwa tidak muncul 'Not Found'. Jika muncul Not Found maka Anda mungkin perlu menginstal paket tambahan atau sebagai pilihan terakhir secara manual mengekstrak library dari sebuah paket ke folder /usr/lib32 Anda. Anda dapat melakukan pencarian paket di sini.

6 comments:

agenjamtangan.com said...

makasih banget gan tutorialnya
sangat berguna
mao coba update" lagi

Anonymous said...

gan avast nya error saat di jalankan. Mohon pencerahannya??

Anonymous said...

langsung di coba gan

Anonymous said...

Hey there would you mind sharing which blog platform you're working with?

I'm planning to start my own blog in the
near future but I'm having a difficult time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
The reason I ask is because your design seems different
then most blogs and I'm looking for something unique.
P.S Apologies for getting off-topic but I had to ask!

Also visit my blog - phlebotomy classes online (centrumkyrkangrabo.se)

Linux Mint Indonesia said...

Apa benar ini bisa ?
Soalnya saya ingin menggunakan Wine untuk install beberapa aplikasi yang hanya support untuk Windows.

Unknown said...




There's definately a lot to find out about this issue
https://decor-ksa.com
http://mchaabaty.com/dawadmi/
http://mchaabaty.com/templates/
http://mchaabaty.com/riyadh/
http://mchaabaty.com/stone/

Post a Comment

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Saran dan komentar Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas Artikel yang kami tuliskan.

Follow Us

Follower

Kode Worker

Blog Archive