• Selamat Datang di SmilePedia Blog

    Terimakasih telah berkenan mengunjungi blog ini. SmilePedia Blog adalah sarana untuk belajar sistem operasi berbasis Linux/Ubuntu. Blog ini dibuat karena kami ingin berbagi informasi seputar Ubuntu. Kami harap tutorial-tutorial yang kami tulis dapat dipahami secara mudah dan jelas.

  • Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!

    Satu lagi penyedia layanan Web Hosting dan Domain terbaik nomor 1 dan termurah di Indonesia yaitu Rajawebhost.com. Garansi 14 hari uang kembali, proses aktivasi cepat dalam hitungan detik, memberikan kecepatan akses yang tiada tara, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Langsung saja ke Rajawebhost.com. Baca selengkapnya di sini!!

  • Download Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) Final

    Quantal Quetzal sudah dirilis dan tersedia untuk di-download. Quantal Quetzal membawa berbagai update seperti kernel 3.5, lingkungan desktop Gnome 3.6.0, dan interface Unity 6.8, serta aplikasi perkantoran seperti LibreOffice 3.6.2

  • Hal Yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 12.10

    Setelah Anda menginstal Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk memberi panduan kepada pemula di Ubuntu mengenai apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 12.10.

  • Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail) Hadir Dengan LibreOffice 4.x Series

    Beberapa inovasi sudah beredar bahwa Ubuntu 13.04 akan diberi nama Raring Ringtail, dan berita terbaru ini mengacu pada LibreOffice yang akan dipasang pada Ubuntu 13.04 yaitu pada versi 4.x. series

Sunday, November 4, 2012

Cara Menginstal Dual Boot Ubuntu 12.10 - Windows 7 di Notebook


 ubuntu-12.10

18 Oktober lalu Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal telah resmi dirilis dengan membawa banyak sekali perubahan dan dukungan untuk teknologi terbaru. Pada artikel kali ini SmilePedia akan memberikan tutorial bagaimana cara menginstal Ubuntu 12.10 dengan Windows 7. Menginstal Ubuntu 12.10 sangatlah gampang karena proses penginstalan menggunakan interface yang user friendly.
Baiklah sobat Smile, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan partisi kosong secukupnya untuk menginstal Ubuntu. Pengguna baru yang belum pernah menginstal OS Linux sebaiknya mempelajadi terlebih dahulu proses pembuatan partisi untuk menghindari risiko kehilangan data atau terhapusnya OS lain yang sudah terinstal. Anda juga dapat merujuk ke artikel ini untuk mempelajari cara pembuatan partisi.

Kedua, siapkan dulu live DVD/USB installer Ubuntu 12.10 yang akan Anda gunakan. Pada tutorial ini saya menggunakan USB untuk menginstal Ubuntu 12.10. Bagi yang ingin membuat installer via USB silahkan Anda pelajari halaman ini. Anda yang belum memiliki file iso Ubuntu silahkan download di halaman ini.

Untuk pemula, backup dulu file-file dan dokumen penting milik Anda ke media lain karena data dan file-file yang Anda hapus selama proses instalasi tidak dapat dikembalikan lagi alias lenyap.

Lakukan booting pada live DVD/USB Ubuntu 12.10. Ketika masuk ke layar selanjutnya pilihlah "Try Ubuntu Without Installing" untuk memastikan apakah Ubuntu berjalan pada perangkat Anda.

Setelah Anda masuk ke desktop Ubuntu, Anda dapat mencicipi terlebih dahulu sebelum OS ini diinstal. Jika sudah puas dan yakin ingin diinstal, double klik icon "Install Ubuntu 12.10"  pada desktop.


Pada jendela yang muncul, pilihlah bahasa yang Anda sukai atau biarkan dalam pilihan default (english). Klik "Continue" untuk lanjut ke langkah berikutnya.


Pada jendela selanjutnya yang muncul, klik saja "Continue" untuk melanjutkan. Karena halaman ini hanya untuk memeriksa kesiapan perangkat Anda. Saran saya putuskan saja koneksi internet karena jika Anda menginstal third party software akan membuat proses instalasi sangat lama.


Pada jendela Wireless, pilih opsi "I don't want to connect to a wi-fi network right now" lalu klik Continue.


Pada jendela Installation type, karena kita akan menginstal dual boot maka pilih opsi "Something else".


Nah, pada langkah ini Anda dihadapkan pada susunan partisi hardisk. Pada langkah ini berhati-hatilah agar tidak terjadi kesalahan memilih partisi yang Anda gunakan untuk menginstal Ubuntu karena jika salah maka isi partisi itu akan lenyap. Anda harus mengingat-ingat ukuran partisi yang telah Anda buat sebelumnya.

Jika sudah yakin, pilihlah partisi yang akan Anda gunakan lalu tekan tombol minus (-) untuk menghapus partisi sehingga Anda mendapatkan partisi "free space". Kemudian pilih partisi free space tersebut dan klik tombol (+) untuk membuat partisi baru.


Setelah tombol (+) maka akan muncul jendela Creat partition. Partisi pertama yang akan kita buat adalah partisi "swap". Pada opsi "Size", isikan kapasitas swap sesuai kebutuhan Anda. Pada contoh ini saya mengisikan swap sebesar 1025 MB atau sekitar 1 GB. Kemudian pada opsi yang lain Anda sesuaikan dengan gambar. Pada opsi "Use as" silahkan pilih "swap area" pada drop down menu. Klik OK jika sudah selesai.


Pilih lagi partisi free space dan klik tombol (+) untuk membuat partisi root (/). Pada jendela Creat Partition, tentukan ukuran root dalam satuan MB pada opsi "Size". Partisi root ini adalah partisi tempat dimana sistem akan diinstal. Jika pada Windows, partisi root sama dengan partisi C. Contoh ini saya mengisikan 35000 MB atau 35 GB untuk sistem saya. Pada opsi "Use as", pilih "Ext4 journaling file system" dan pada opsi "Mount point" pilihlah tanda "/". Opsi yang lain sesuaikan dengan gambar.


Nah, partisi terakhir yang akan kita buat adalah partisi home. Partisi ini bersifat pilihan, maksudnya Anda tidak harus membuatnya secara terpisah dengan partisi "/". Namun agar lebih baik jika kita membuat partisi "/home" terpisah dengan "/". Pilih partisi free space sekali lagi dan klik tombol (+). Pada jendela Creat Partition, tentukan besar ukuran partisi /home yang akan Anda buat. Pada contoh ini saya menggunakan semua sisa yang ada yaitu sebesar 39789 MB. Untuk opsi yang lainnya, Anda sesuaikan dengan gambar di bawah ini dan jangan lupa pada opsi Mount point Anda pilih "/home".


Akhirnya semua partisi sudah selesai di buat, tekan tombol "Install Now" untuk menjalankan instalasi Ubuntu 12.10...


Pada halaman "Where are you?", masukkan kota tempat Anda tinggal dan klik Continue.


Pada halaman ini (Keyboard layout), biarkan dalam pilihan default.


Isikan identitas pribadi dan password Anda pada halaman "Who are you?". Lihat contoh gambar.


Pada halaman "Choose picture", Anda diminta untuk memilih gambar user. Anda dapat memilih gambar yang sudah disediakan atau mengambil gambar melalui kamera.


Jika semua langkah di atas selesai, Anda hanya tinggal menunggu proses instalasi Ubuntu 12.10 selesai.


Finally, setelah proses instalasi selesai restart komputer Anda dengan meng-klik tombol "Restart Now" pada kotak dialog "Installation Complete".


Ketika komputer sudah hidup kembali, pilihlah Ubuntu pada menu grub yang muncul untuk masuk ke sistem operasi Ubuntu yang baru saja Anda instal dan selanjutnya Anda akan dibawa ke desktop Ubuntu 12.10 yang siap Anda gunakan.


Good Luck..
.:Salam Smile:.
:)

72 comments:

Beryl said...

saya baru saja install ubuntu 12.10 dual boot dengan windows 7 asli. namun setelah proses instalasi selesai dan restart, grub ubuntu tidak keluar dan langsung masuk ke windows, Bagaimana solusinya?

Tfk said...

coba kesni gan http://smilepedia.blogspot.com/2012/11/cara-menginstal-dual-boot-ubuntu-1210.html monggoh :D

Ishana Balaputra said...

Beryl@ Anda bisa menemukan artikel untuk mengembalikan grub ubuntu yang hilang di sini, coba di search aja dengan kata kunci "boot repair".

Tfk@ (y)

Anonymous said...

thx info nya kwan

Ishana Balaputra said...

Anonim@ sama-sama kawan, semoga bermanfaat. . .

Wigfranz said...

@Beryl... sepertinya Anda menginstal Ubuntu dulu kemudian dilanjutkan dengan menginstal Windows 7... Kalau urutannya seperti itu, memang akan langsung masuk ke Windows 7 karena Windows tidak didesain untuk mengenali OS lain yang sudah terinstal lebih dulu, kecuali sama-sama Windows.

Ahmad Alqurniawan said...

Wah. info.nya sangat membantu saya mas, makasih banyak ya.

Owh ya, kalau bersedia silahkan konfirmasi tukar banner d sini : http://ahmadfki.blogspot.com/p/link-banner-sahabat-gue.html

Banner sobat sudah saya pasang.

d said...

gan ane habis install ubuntu 12.10 dual boot sama windows7. tapi kok pas masuk ke windows error (a disk read error occured).
terus ane udah coba repair windowsnya tetep gak bisa.

Ishana Balaputra said...

d@ itu masalah windows-nya kawan coba pelajari ini http://blog.yoocare.com/how-to-remove-a-disk-read-error-occurred-press-ctrlaltdel-to-restart-fake-alert-permanently/
Selamat mencoba ^^

d said...

@ishana balaputra tetap gak bisa gan ?

Ishana Balaputra said...

d@ kalau boleh tau proses instalasinya gmn kmaren??
Partisi utk ubuntu sudah disiapkan atau belum?

Muhammad Adam Hussein said...

waaah ini versi terbaru ya dari ubuntu?

Anonymous said...

Ane dah install gan, make usb juga, nah yg jadi masalah knp ane ga bisa bikin dvd bootable make hasil download, padahal dibikin bootable ke usb bisa

jangan jawab "harus burn semua content bukan cuma image.iso atau harus di set di bios biar boot pertama lewat cd/dvd ya gan" itu kan jawaban melecehkan buat anak TK hehehe...

https://help.ubuntu.com/community/BurningIsoHowto
udah cek n recek berkali kali n burn 7 dvd ga ada yag bisa bootable

Ishana Balaputra said...

Anonim@ Hahaha, sepertinya sy juga tidak bisa melakukan seperti yang Anda bicarakan di atas ^^. Biasanya sy menggunakan "Brasero" untuk memburning file iso Ubuntu sy. Pilih sj yang Burning Image dan ikuti perintah selanjutnya. Gampang kok. :)

Anonymous said...

hehehe...bukan soal gampang gan, proses burningnya sendiri emang guampang buanget dan selalu sukses 100%, cuma yg jadi masalah itu hasil burning ga bisa bootable, selalu boot failure

saya sudah coba berbagai burner di windows maupun di ubuntu, termasuk brasero, tetep ga mau boot, padahal dvd drive saya normal, kalo saya masukin cd/dvd bootable lainnya bisa boot, image iso nya juga normal , gak korup, buktinya dibikin bootable usb flash disk bisa

sekarang saya mau tanya soal lain, kalo dual boot ama win 7, bagaimana caranya supaya defaultnya boot ke win 7

Ishana Balaputra said...

Ada pesan eror yang keluar? Memangnya seperti apa tampilannya waktu Anda pilih boot DVD Ubuntunya?
------------------------------------------------------
jalankan terminal ketik ini : sudo gedit /etc/default/grub

cari baris ini : GRUB_DEFAULT="0" <<-- biasanya di baris atas
seandainya win7 berada di urutan ke 5 maka ubah "0" menjadi "4" <--- (empat bukan lima)
masalah urutan ini bisa dicoba2 sampai menemukan urutan yang tepat.
simpan lalu tutup gedit.

masih diterminal ketik ini: sudo update-grub2
atau bisa juga: sudo update-grub

Anonymous said...

Ok gan, thanks, dah berhasil mengubah default booting, kalo soal dvd yang gak mau bootable selalu muncul

"boot failure
press any key to continue"

tapi masalahnya juga sudah teratasi setelah saya download ulang file iso nya

Sekarang saya mau tanya lagi, saya baru seminggu kenal linux/ubuntu dan yang pertama kali saya install ubuntu 10.04 lts

Karena keburu nafsu:) mau nyoba yg baru, saya upgrade online (langsung lewat internet) ke 12.04 lts, wah penampilanya agak beda menu system places applications yg ada diatas jadi hilang, tapi akhirnya saya berhasil menambahkan launchpad yg gambar bulet cakram, walaupun sebenarnya saya tetap lebih menyukai tampilan menu di 10.04, karena tidak puas dan masih penasaran, saya upgrade online lagi ke 12.10

Nah yg jadi masalah sekarang launchpad nya malah hilang dan ane lupa gimana dulu cara munculinnya, atau mungkin memang beda caranya?

Senang berinteraksi dgn anda yg murah hati berbagi info dan ilmu (nyanjung mode on:)

Ishana Balaputra said...

Anonim@ Alhamdulillah kalau begitu..
Maaf kawan sy mau menyamakan persepsi dulu. Apakah launchpad yg Anda maksud itu adalah Dash yg ada di sebelah kiri yg berisi menu2, atau Panel bar yang ada di atas itu ya??
Dan yang perlu sy tanyakan, apakah Anda menggunakan sesi Unity kawan??

Anonymous said...

Bukan, bukan dash (lens?) yg ada diawal baris disisi kiri menurun, mungkin panel bar yg diatas itu kayaknya

jadi dulu di 10.04 ada 3 menu mendatar di kiri atas, kalo ga salah namanya system places applications, terus sesudah upgrade ke 12.04 cuma ada icon (tanpa nama) yg bisa ditambahkan di deretan kanan atas, kalo ga salah lagi si namanya launchpad, isinya antara lain: accessories, system administration, preference dll dan sub menunya ya antara lain: terminal, software update dsb

kalo unity apa itu? saya malah belum tau, maklum newbie hehehe...

Ishana Balaputra said...

Hehehe, saya juga newbie kok sob santai saja...
Emmhh coba Anda cek gnome-session-fallback apakah sudah terinstal atau belum. Jika belum instal dulu dg perintah sudo apt-get install gnome-session-fallback kemudian logout. Setelah Anda masukkan psword jgn keburu masuk, pilih dulu sesi GNOME Classic. Jika belum berhasil silahkan confirmasi lagi..
:D

Anonymous said...

Wah iya bener, sukses sob, saya lebih nyaman dgn tampilan classic seperti ini, desktop lebih bersih dan luas, gak terganggu dgn tumpukan launcher di baris kiri, tapi tergantung selera masing-masing orang kali ya,

oke sob, thanks, saya coba utak atik dulu ubuntunya, ntar kalo menemui jalan buntu saya tanya lagi:)

Ishana Balaputra said...

Senang bisa membantu,,kalau saya sih lebih suka tampilan MacBuntu krn terasa lebih bening, mnurut saya sih..(^^,)
InsyaAllah jika sy bisa akan saya bantu mz bro..
Selamat berlinux ria.. :D

Anonymous said...

halo sob saya balik lagi, setelah googling dan mencoba praktekin kok saya ga pernah bisa install file tar.gz ya, baik di extract dulu lewat archive manager maupun langsung lewat terminal.

misalnya saya ada file namanya jre-7u10-linux-i586.tar.gz di desktop terus mau saya install gimana caranya?

Ishana Balaputra said...

Mungkin agak susah bila menjelaskan melalui komentar ini tp sy tulis intinya saja..

Ekstrak dulu file tar.gz dengan perintah ini:
# tar xzvf nama file.tar.gz

Kemudian masuk ke direktori tempat file hasil ekstrak kemudian baca file README atau INSTALL file tersebut sebagai petunjuk utama instalasi file. petunjuk penginstalan pada tiap aplikasi bisa saja berbeda.

secara umum, sebagian besar instalasi paket tarbal (tar.gz atau tar.bz2) bisa melalui langkah-langkah berikut (lewat terminal):

# cd folder ekstrak
# ./configure
# make
# sudo make install

Semoga bisa dipahami..

Anonymous said...

kok tidak terjadi apa-apa ya sob, habis saya ketik command line nya cuma muncul command prompt yang sama berkali-kali, I have followed your instruction to a T, apa terminal saya rusak,

ini kasus kayak file image yg gak mau boot sesudah di burn di dvd tapi bisa boot di usb, masalahnya dimana?
apa saya harus install ulang 12.10?

Ishana Balaputra said...

Sebelum mengetikkan perintah tar xzvf .... Anda perlu masuk dulu ke direktori dimana file yang akan Anda instal berada.
Misalkan file ada di folder download maka perintahnya
# cd Downloads
Kemudian lanjutkan perintah berikutnya.
(tanda pagar jangan dituliskan juga dalam terminal)
:)

Anonymous said...

Tetep ga bisa sob, belum apa-apa udah keluar:

coverboy@coverboy-desktop:~$ cd desktop
bash: cd: desktop: No such file or directory
coverboy@coverboy-desktop:~$

dipindah ke downloads atau documents juga sama aja,

o ya satu lagi knp harus pake # kalo kenyataanya # itu malah harus JANGAN ditulis

kalo ditulis $ cd folder ekstrak, akan lebih mudah dipahami orang yg baru belajar linux kalo maksudnya command line krn memang prompt di terminal adalah $ bukan #

Ishana Balaputra said...

Yang benar $ cd Desktop gan.

Haha iya gan maaf soalnya sudah terlanjur jadi sy lanjutin aja nulisnya.. ^^

Anonymous said...

o jadi harus uppercase persis seperti nama foldernya, ini juga penting untuk ditekankan buat yg baru belajar linux gan:) tapi tetep gak bisa tuh, udah diganti huruf capital, ditambahin spasi tetep sama aja

coverboy@coverboy-desktop:~$ cd Desktop
coverboy@coverboy-desktop:~/Desktop$ ./configure
bash: ./configure: No such file or directory
coverboy@coverboy-desktop:~/Desktop$ ./Configure
bash: ./Configure: No such file or directory
coverboy@coverboy-desktop:~/Desktop$ ./ configure
bash: ./: is a directory

Anonymous said...

udah googling kemana-mana tetep gak bisa gan, kok susah bener si cuma install driver aja:(

http://askubuntu.com/questions/144422/how-to-run-a-run-file-as-root

http://news.softpedia.com/news/How-to-Install-The-Latest-Nvidia-Driver-on-Ubuntu-12-04-295542.shtml

Ishana Balaputra said...

Kok langsung ./configure?? harusnya yang tar xzvf nama file.tar.gz itu dulu..

Siti Zubaida said...

ok terima kasih ya mas .... ilmunya ayng telah sharing

Ishana Balaputra said...

Siti@ Sama-sama semoga bermanfaat.. ..

Anonymous said...

lho? gimana sie, kan ente sendiri yg nulis urutannya begitu

# cd folder ekstrak
# ./configure
# make
# sudo make install

kan filenya udah di ekstrak pake archive manager,
oke skrg files saya extract lagi lewat terminal (tar xzvf nama file.tar.gz) dan hasilnya begini (sebagian aja), begitu diterusin ./configure ya tetep ga bisa
-----
jre1.7.0_10/bin/unpack200
jre1.7.0_10/bin/servertool
jre1.7.0_10/bin/jcontrol
jre1.7.0_10/bin/policytool
jre1.7.0_10/bin/tnameserv
jre1.7.0_10/bin/ControlPanel
jre1.7.0_10/bin/keytool
jre1.7.0_10/bin/java
jre1.7.0_10/release
jre1.7.0_10/COPYRIGHT
jre1.7.0_10/README
coverboy@coverboy-desktop:~/Desktop$ ./configure
bash: ./configure: No such file or directory
coverboy@coverboy-desktop:~/Desktop$


Ishana Balaputra said...

Anda kn copas outpunya seperti ini di atas:

coverboy@coverboy-desktop:~$ cd Desktop
coverboy@coverboy-desktop:~/Desktop$ ./configure
bash: ./configure: No such file or directory
coverboy@coverboy-desktop:~/Desktop$ ./Configure
bash: ./Configure: No such file or directory
coverboy@coverboy-desktop:~/Desktop$ ./ configure
bash: ./: is a directory

Mana saya tau kalau itu sudah di-extrack, itu maksudnya kn hanya masuk ke direktori Desktop saja.

Mungkin lebih baik Anda baca file README saja dulu.

Anonymous said...

klo sy langsung pake pilih "intall ubuntu alongside windows, hasilnya lancar, ga pusing biarkan ubuntu yg ngerjain semuanya.

Ishana Balaputra said...

Ya tergantung selera kawan...
Jika sy lebih suka yg ini krn jika sewaktu2 ingin menguninstal ubuntu dan meng-upgrade ke versi terbaru akan lebih mudah dilakukan sobat..
^^

Adiex Putra said...

Mas...min. kapasitas VGA and RAM untuk bs menjalankan Ubuntu 12.10 brp ya...Saya install 12.10 pake Wubi di Win 7.Instalasi sukses.Tp pas msk Ubuntu Out Of Range...Klo 12.04 normal mas...Mohon petunjuknya...Trims...

Ishana Balaputra said...

Pentium 4, RAM 512 MB, Hard disk space 5 GB itu sudah cukup.
Kalau boleh kasih saran mending jangan pake wubi, buatkan saja partisi baru untung menginstal Ubuntu..

Adiex Putra said...

Krn bru pertama x..sy cr gmpang nya aj buat install...Tp knp 12.10 ga bs jln di komputer sy...Instalasi sllu berhsl..yg prtama slsai booting layar ksong dgn wrn dsr merah...Lalu sy hps sy instal 12.04..Ok.Ga ad mslh...Krn pnsran sy cb lg 12.10...hbs booting bs msk Ubuntu tp gmbr ny ga karuan....Padahal RAM 1GB..VGA on board...Skrng sy pk lg 12.04. Emang ada kekurangan ya Mas klo instal pke Wubi..?

Adiex Putra said...

Oo ya Mas...Ram 512 MB Gnome Shell kok ga mau jln...ya...ga ckp memory ktnya.

Ishana Balaputra said...

Kekurangannya ada mz broo:
- sistem ini akan berjalan sedikit lebih lambat daripada install menggunakan partisi yg normal.
- keterbatasan akses partisi lain ketika menggunakan Ubuntu.
- apa pun yang terjadi pada Windows dapat mempengaruhi Ubuntu juga.

Adiex Putra said...

Rencana nya sih klo udeh benr2 sreg sm Ubuntu and ga banyak kendala saya mau full install. Thankyou mas info nya...Nice post...Keep share...and good luck....

Ishana Balaputra said...

Oke,,sama2..
Sebelum full install kn masih bisa dualboot..dengan itu tidak perlu takut.
^^

Adiex Putra said...

Maap mas..nanya lg....gmn caranya buat screen chapture....
Pake applikasi apa..ya.Trims.

Anonymous said...

Mas...System akn terinstal di partisi root scra otomatis atau kita yg tentukan? Trs...Apa yg terjadi klo partisi Home tidak kita buat..? Apakah partisi home itu sama dgn drive D pd windows..? Trims.

Ishana Balaputra said...

Setelah partisi dibuat maka secara otomatis sistem akan menempatkan dirinya di root..
Bila Home tidak dibuat juga tidak masalah kawan,,
^^

Ishana Balaputra said...

Andiex@ Langsung saja tekan tombol "Prt Sc" pd keyboard maka screen shot akn masuk ke folder Picture, atau bisa menggunakan aplikasi Shutter..

ade yanuar said...

touchpad ane kga jalan trus gamna tuh ???
tolong pencerahannya

Ishana Balaputra said...

Coba Anda periksa setinganya di
System Settings > Mouse and Touchpad dan pilih tab Touchpad.
Semoga berhasil.. ^^

Syamsudin Nur said...

Sangat berguna untuk pengguna awan seperti saya..

Terim kasih

Ishana Balaputra said...

Semoga bermanfaat....

Syahin Abdillah said...

ikutan minta pencerahan sib.
setelah saya update nvidia grafik dan install jre, ga tau dimana yang salah.
trus saya restart tampilan dash menu di sebelah kiri hilang menu yang atas juga hilang (ga bisa ngapa-ngapain), waktu booting nya pun jadi lebih lama dari sebelumnya.

saya coba utak atik keluar masuk ketemu genome menu di user pas masuk, mulai bisa lagi, tapi tetep dash menu itu ga tampil. trus wine nya juga jd ga jalan.

salah dimananya yah sob?
tolong pencerahannya, makasih.

adita erlinda said...

mas sya bru mw istl fedora bgus gk mas trs sma instlnya kya di atas terus klo mw mgmblikan boot nya menjadi bsatu hanya windows dan yg fedora hilang gmna mas??maaf ya bnyak nanya

Muhammad Muharamsyah said...

klo instal dual boot kra2 ada msalah nggak untuk lptop nya??? ,,, mhon pnjelasan nya terima kasih

galih said...

walah mantap kali ini tutornya

Ishana Balaputra said...

Syahin@ wah jika meng-update NVIDIA driver memang begitu sob jika tidak menginstal semua paket dan dependensi yg tidak diperlukan, saya pernah mengalami itu jg. Jadi seharusnya setelah update driver, Anda periksa dulu apa2 yg kurang baru direstart.

Adit@ Maaf sobat adit saya kurang berpenglaman ttg Fedora, mungkin Anda perlu tanyakan ke forum Fedora saja. ^^

Muharamsyah@ Tidak ada masalah sob karena partisinya dibuat berbeda, semua bekerja sendiri2.

Galih@ Semoga membantu sob..

adita erlinda said...

makasih min kmrn saya mw instl ubutu yg 32 gk bsa pas mw msuk booting cma da bcaan syslinux 2010 blablabla h et al knp min?sya pke acer ao722

Ishana Balaputra said...

Adita@ Blablabla-nya apa isinya sob??

rian said...

waduh gmana ya ngomongnya :D dah install tp langsung masuk ke window mulu mas..gmana ya :(

Muhammad Aiyyub said...

gan aq habis install ubuntu,., masuk ke windosw 7 bisa,, tpi saat loading windows7nya tiba" restart...

Anonymous said...

Mas, klo di ubuntu 12.10 koq ga bisa ya ngejalanin dosemu langsung dari file .exe nya?

ppc terbaru said...

kepada teman blogger..
kami dari ads.kunbero.com menawarkan anda untuk mendaftar menjadi publisher kami...
ads.kunbero.com adalah program PPC terbaru di indonesia...
PPC adalah program periklanan dimana sebagai blogger anda akan mendapatkan uang dari iklan yang anda pasang..
untuk lebih jelasnya langsung saja ke ads.kunbero.com dan mendaftar menjadi publisher kami...
terima kasih

Anonymous said...

mas sya udh masukin disc ubuntunya tapi koq bahasanya ga jelas

mohon pencerahan
masih newbie

fauzi said...

nice gan infonya kebetulan ane lagi mau install ubuntu,,,
Semoga bermanfaat gan...

Blog Mas Acep said...

klo instal dual boot kra2 ada msalah nggak untuk lptop nya??? ,,, mhon pnjelasan nya terima kasih

Syaiful Anas said...

Izin dual boot dulu sama kk ane biar dapet restu :v

sulaemandiki said...

terimakasih informasinya saya akan coba..

DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT 18+ PC GAME CLICK HERE said...

DOWNLOAD ASK MOM 3D SEX GAME FOR ADULTS 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD

DOWNLOAD GTA 4 PC GAME INSTALLATION SETUP CLICK HERE TO DOWNLOAD

DOWNLOAD TEKKEN 5 PC GAME HIGHLY COMPRESSED INSTALLATION SETUP CLICK HERE TO DOWNLOAD

DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT PC GAME 18+ CLICK HERE TO DOWNLOAD

Anonymous said...

permisi mas saya mau tanya..
sekarang kan ubuntu 14.14 dah keluar saya mau install ubuntu di PC saya yang sudah terinstall windows 7.
tetapi saya bingung pas pembagian partisinya, hardisk saya sudah saya bagi menjadi 4 partisi system, C, D dan E.
lalu saya menggunakan tools di windows membuat free space di hardisk.
saat melakukan instalasi ubuntu dan memilih partisi hanya ada sda1-sda4, sedangkan free space yang saya buat di windows tidak dapat dipakai.

Anonymous said...

gan kalo sewaktu waktu mw instal ulang windows 7 gmn ntr ??

Anonymous said...

gan saya mau tanya saya kan pake win7 saya mau laptop saya dualboot dengan ubuntu, tapi pas mau install saya cek dulu di gparted ternyata partisi windowsnya tidak terdeteksi jadi kebacanya free semua gimana yah solusinya? mohon pencerahannya masih newbe.. :D

Post a Comment

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Saran dan komentar Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas Artikel yang kami tuliskan.

Follow Us

Follower