• Selamat Datang di SmilePedia Blog

    Terimakasih telah berkenan mengunjungi blog ini. SmilePedia Blog adalah sarana untuk belajar sistem operasi berbasis Linux/Ubuntu. Blog ini dibuat karena kami ingin berbagi informasi seputar Ubuntu. Kami harap tutorial-tutorial yang kami tulis dapat dipahami secara mudah dan jelas.

  • Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!

    Satu lagi penyedia layanan Web Hosting dan Domain terbaik nomor 1 dan termurah di Indonesia yaitu Rajawebhost.com. Garansi 14 hari uang kembali, proses aktivasi cepat dalam hitungan detik, memberikan kecepatan akses yang tiada tara, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Langsung saja ke Rajawebhost.com. Baca selengkapnya di sini!!

  • Download Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) Final

    Quantal Quetzal sudah dirilis dan tersedia untuk di-download. Quantal Quetzal membawa berbagai update seperti kernel 3.5, lingkungan desktop Gnome 3.6.0, dan interface Unity 6.8, serta aplikasi perkantoran seperti LibreOffice 3.6.2

  • Hal Yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 12.10

    Setelah Anda menginstal Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk memberi panduan kepada pemula di Ubuntu mengenai apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 12.10.

  • Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail) Hadir Dengan LibreOffice 4.x Series

    Beberapa inovasi sudah beredar bahwa Ubuntu 13.04 akan diberi nama Raring Ringtail, dan berita terbaru ini mengacu pada LibreOffice yang akan dipasang pada Ubuntu 13.04 yaitu pada versi 4.x. series

Thursday, December 6, 2012

Cara Memeriksa Bad Sectors Hard Disk Anda Pada Ubuntu/Linux Mint



Oke sobat Smile, pada tips kali ini SmilePedia akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan badblocks untuk melakukan scan dan mengetes partisi hard disk Anda (termasuk USB hard drive) untuk mengetahui bad blocks (bad sector). Bad sector adalah sector yang mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan untuk menyimpan data pada hard drive Anda.
Badblocks akan mendeteksi semua bad block pada hard disk Anda dan mengembalikannya berupa file teks jadi Anda dapat menggunakan ini dengan e2fsck untuk melakukan konfigurasi OS Anda.
Tip ini dapat digunakan pada Ubuntu 12.10/12.04/11.10 dan Linux Mint 14/13/12.


(Perhatian: Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi. Gunakan tips ini dengan risiko Anda tanggung sendiri!)

Baiklah, langsung saja simak langkah-langkah berikut ini!

Untuk mengetahui nama hard drive dan USB device yang ter-mounted pada sistem Anda, jalankan perintah berikut pada terminal:

sudo fdisk -l

Untuk men-scan hard disk yang mengalami kerusakan sektor, gunakan perintah ini:

sudo badblocks -v /dev/sda1 > bad-sectors.txt

Ganti /dev/sda1 dengan nama device Anda sendiri. Dalam file teks mengandung semua bad blocks yang dihasilkan dengan nama bad-sectors.txt, file ini akan dihasilkan di lokasi terminal saat itu juga. Ketika proses scan selesai dan jika bad sector telah dilaporkan, Anda dapat menggunakan file teks yang dihasilkan dengan utilitas baris perintah e2fsck menggunakan perintah ini (hard disk harus ter-unmount):

sudo e2fsck -l bad-sectors.txt /dev/sda1

Sistem Anda sekarang akan mengabaikan semua bad sector yang terdeteksi oleh badblocks. Untuk tidakan selanjutnya oleh badblocks dan e2fsck, jalankan salah satu perintah di bawah ini dari terminal:

man badblocks

Atau:

man e2fsck

Selamat Mencoba..!!

.:Salam Smile:.
:D


2 comments:

Muhammad Adam Hussein said...

makasih sobat, cara ngerti kalo pake linux

Mang Uem said...

Trims gan infonya dah membantu sy, sukses slalu. ditunggu kunjungan baliknya...

Post a Comment

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Saran dan komentar Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas Artikel yang kami tuliskan.

Follow Us

Follower

Blog Archive