• Selamat Datang di SmilePedia Blog

    Terimakasih telah berkenan mengunjungi blog ini. SmilePedia Blog adalah sarana untuk belajar sistem operasi berbasis Linux/Ubuntu. Blog ini dibuat karena kami ingin berbagi informasi seputar Ubuntu. Kami harap tutorial-tutorial yang kami tulis dapat dipahami secara mudah dan jelas.

  • Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!

    Satu lagi penyedia layanan Web Hosting dan Domain terbaik nomor 1 dan termurah di Indonesia yaitu Rajawebhost.com. Garansi 14 hari uang kembali, proses aktivasi cepat dalam hitungan detik, memberikan kecepatan akses yang tiada tara, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Langsung saja ke Rajawebhost.com. Baca selengkapnya di sini!!

  • Download Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) Final

    Quantal Quetzal sudah dirilis dan tersedia untuk di-download. Quantal Quetzal membawa berbagai update seperti kernel 3.5, lingkungan desktop Gnome 3.6.0, dan interface Unity 6.8, serta aplikasi perkantoran seperti LibreOffice 3.6.2

  • Hal Yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 12.10

    Setelah Anda menginstal Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk memberi panduan kepada pemula di Ubuntu mengenai apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 12.10.

  • Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail) Hadir Dengan LibreOffice 4.x Series

    Beberapa inovasi sudah beredar bahwa Ubuntu 13.04 akan diberi nama Raring Ringtail, dan berita terbaru ini mengacu pada LibreOffice yang akan dipasang pada Ubuntu 13.04 yaitu pada versi 4.x. series

Friday, December 21, 2012

Ubuntu 12.10 dan Windows 8: Perkawinan yang Gelisah


Secure boot adalah salah satu fitur dari Unified Extensible Firmware Interface atau UEFI, pengganti BIOS pada perangkat keras seperti PC dan Laptop. Microsoft telah menerapkan booting yang aman dengan cara tertentu dan karena semua produsen hardware akan mengikuti gugatan, setiap vendor sistem operasi selain Windows harus mengikuti sistem Microsoft agar sistem operasi mereka dapat beroperasi dengan secure boot. Semua perangkat datang dengan secure boot Windows 8 pre-instal yang diaktifkan.

PC Motherboard yang menjual secara eceran datang dengan secure boot yang masih off. Anda dapat mengaktifkannya setelah membangun mesin Anda. Papan yang tersedia di Australia saat ini perlu melakukan uprade UEFI BIOS sebelum mereka mendukung secure boot.

Ketika secure boot diaktifkan, firmware pada motherboard akan memeriksa pada saat boot, untuk melihat apakah sistem operasi yang sedang dicoba untuk boot adalah asli. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara kunci kriptografi. Hal ini seolah-olah dimaksudkan untuk mencegah boot-time malware dari Windows 8 yang terinfeksi. Ini juga berfungsi untuk membuat pengguna sistem operasi lain untuk melakukan boot pada mesin itu.

Microsoft mengontrol kewenangan penandatanganan kunci dan memiliki outsourcing pekerjaan ke Verisign, sehingga setiap kunci yang dibeli harus dibeli dari Verisign. Setiap kunci dihargai sebesar $ US99.
Pada platform x86, Microsoft telah mengamanatkan bahwa perlu ada cara untuk secure boot dimatikan.  Jika Microsoft tidak melakukannya, maka mungkin akan ada lagi gugatan anti-trust mengingat dominasi Microsoft yang menikmati pada platform ini. Vendor demikian diperlukan untuk menyediakan sarana mematikan secure boot. Namun, pada platform ARM, tidak ada persyaratan untuk mekanisme tersebut, tidak ada rasa takut dari setelan anti-trust, setidaknya belum, karena tidak ada vendor sistem operasi memiliki monopoli platform.

Linux (kernel) telah mampu melakukan booting pada sistem UEFI untuk beberapa waktu. Tapi itu tidak berarti sebuah distribusi Linux dapat melakukan boot pada sistem yang dikurung menggunakan secure boot. Dan di sini adalah di mana ada banyak kebingungan, salah satu dokumen yang paling membingungkan saya menemukan selama beberapa hari terakhir ini, di mana pembaca akan datang pergi dengan kesan bahwa UEFI dan secure boot adalah satu dan hal yang sama.

Cara terbaik untuk memahami teknologi baru adalah untuk mendapatkan hands-on dan itulah apa yang bisa dilakukan: Percobaan dilakukan dengan menginstal Windows 8 tanpa secure boot, dan kemudian menginstalnya dengan secure boot yang dihidupkan. Mesin yang dibangun yaitu dengan motherboard MSI Z77A-G41 untuk eksperimen ini, mengingat bahwa tata letak untuk BIOS UEFI berbeda dari satu produsen utama ke depan.

Sumber

8 comments:

hendra juniansyah said...

nais inpo om,
ane dualboot ubuntu 12.10 sma win8 akur2 aja tu om.
ngk rewel2 amat.

Ishana Balaputra said...

hendra@ Yapz benar sekali kawan, milik sy triple boot juga akur dg win 8. Itu sih isu dulu2 aja..padahal developer linux punya 1000 cara untuk mengatasinya.. ^^

KomitUNM said...

kemaren sempat nyobain nih dual boot windows 8 dg ubuntu normal kok :)

Ishana Balaputra said...

KomitUNM@ Tepat, memang kenyataannya sekarang seperti itu...
Tidak seperti dulu yang dikabarkan akan sulit menginstal dual boot Windows dengan Ubuntu.
^^

falevi said...

boz numpang tanya ni ,os gw ad 2 ubuntu and windows8 ..tpi ad mslh dengan ubuntu nya boz ..cursor gk mw di gerakin ama sekali ..please solusi nya boz ..

laptop gw lenovo dual core.tq

Ishana Balaputra said...

Coba Anda periksa setingannya di System Settings..
Mungkin ada yang salah.

pulsa murah jakarta said...

thanks gan

fakihzuhdi said...

cara bisa ngawinin win 8 sama ubuntu gmn gan?
ane kan dah instal win 8 lebih dolo..masa gbs diinstal ubuntu masa..

Post a Comment

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Saran dan komentar Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas Artikel yang kami tuliskan.

Follow Us

Follower

Blog Archive