• Selamat Datang di SmilePedia Blog

    Terimakasih telah berkenan mengunjungi blog ini. SmilePedia Blog adalah sarana untuk belajar sistem operasi berbasis Linux/Ubuntu. Blog ini dibuat karena kami ingin berbagi informasi seputar Ubuntu. Kami harap tutorial-tutorial yang kami tulis dapat dipahami secara mudah dan jelas.

  • Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!

    Satu lagi penyedia layanan Web Hosting dan Domain terbaik nomor 1 dan termurah di Indonesia yaitu Rajawebhost.com. Garansi 14 hari uang kembali, proses aktivasi cepat dalam hitungan detik, memberikan kecepatan akses yang tiada tara, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Langsung saja ke Rajawebhost.com. Baca selengkapnya di sini!!

  • Download Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) Final

    Quantal Quetzal sudah dirilis dan tersedia untuk di-download. Quantal Quetzal membawa berbagai update seperti kernel 3.5, lingkungan desktop Gnome 3.6.0, dan interface Unity 6.8, serta aplikasi perkantoran seperti LibreOffice 3.6.2

  • Hal Yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 12.10

    Setelah Anda menginstal Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk memberi panduan kepada pemula di Ubuntu mengenai apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 12.10.

  • Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail) Hadir Dengan LibreOffice 4.x Series

    Beberapa inovasi sudah beredar bahwa Ubuntu 13.04 akan diberi nama Raring Ringtail, dan berita terbaru ini mengacu pada LibreOffice yang akan dipasang pada Ubuntu 13.04 yaitu pada versi 4.x. series

Thursday, July 5, 2012

Waspadai Serangan Hoax Baru di Facebook


Serangan terhadap pengguna Facebook kembali terjadi. Penyerang memang menggunakan metode hoax (menipu) yang termasuk cara lama, namun karena kali ini tampak meyakinkan, korbannya pun banyak berjatuhan.
Laporan yang dirilis Vaksin.com mengatakan bahwa tipe serangan ini memanfaatkan verifikasi yang dilakukan aplikasi Facebook saat akan meminta akses ke ranah privat, misalnya akses untuk mengirim ke seluruh teman, akses data pribadi, dan lainnya. 

Tapi akses verifikasi ini disamarkan sebagai peringatan bahwa akunmu sedang di-hack.
Langkah pertama yang dijalankan serangan ini tidak mencurigakan, karena hanya meminta akses untuk mengundang teman-teman di kontak kamu supaya ikut dalam verifikasi aplikasi tersebut. Jika berhasil, layar verifikasi lanjutan akan ditunjukkan untuk mengirim korban ke tahap berikutnya, yakni mengisi form survey pihak ketiga. Dari setiap korban yang mengisi form ini, penyerang akan mendapat imbalan dari pemilik survey.
pengamatan lanjutan yang dilakukan Vaksin.com juga menunjukkan bahwa serangan ini tidaklah terlampau berbahaya, karena tidak ditujukan untuk mencuri kredensial rahasia dari pengguna Facebook, melainkan hanya mencari keuntungan dari pengisian survey. Meskipun demikian, Vaksin.com tetap merekomendasikan Anda supaya tetap waspada, karena tidak tertutup kemungkinan cara yang sama akan dipakai untuk mencuri data pengguna.
Jika kamu terlanjur jadi korban serangan hoax seperti ini, cukup buat pengumuman kepada seluruh teman kamu supaya tidak mengklik atau menyetujui permintaan verifikasi dari aplikasi ini. Dari menu aplikasi di Facebook, serangan ini sebenarnya bisa juga dengan mudah dienyahkan dengan menghilangkannya dari daftar aplikasimu.



Sumber: PCplus

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Saran dan komentar Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas Artikel yang kami tuliskan.

Follow Us

Follower

Kode Worker

Blog Archive