• Selamat Datang di SmilePedia Blog

    Terimakasih telah berkenan mengunjungi blog ini. SmilePedia Blog adalah sarana untuk belajar sistem operasi berbasis Linux/Ubuntu. Blog ini dibuat karena kami ingin berbagi informasi seputar Ubuntu. Kami harap tutorial-tutorial yang kami tulis dapat dipahami secara mudah dan jelas.

  • Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!

    Satu lagi penyedia layanan Web Hosting dan Domain terbaik nomor 1 dan termurah di Indonesia yaitu Rajawebhost.com. Garansi 14 hari uang kembali, proses aktivasi cepat dalam hitungan detik, memberikan kecepatan akses yang tiada tara, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Langsung saja ke Rajawebhost.com. Baca selengkapnya di sini!!

  • Download Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) Final

    Quantal Quetzal sudah dirilis dan tersedia untuk di-download. Quantal Quetzal membawa berbagai update seperti kernel 3.5, lingkungan desktop Gnome 3.6.0, dan interface Unity 6.8, serta aplikasi perkantoran seperti LibreOffice 3.6.2

  • Hal Yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 12.10

    Setelah Anda menginstal Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk memberi panduan kepada pemula di Ubuntu mengenai apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 12.10.

  • Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail) Hadir Dengan LibreOffice 4.x Series

    Beberapa inovasi sudah beredar bahwa Ubuntu 13.04 akan diberi nama Raring Ringtail, dan berita terbaru ini mengacu pada LibreOffice yang akan dipasang pada Ubuntu 13.04 yaitu pada versi 4.x. series

Tuesday, October 9, 2012

Cara Mudah Membuat Dual Boot Linux-Windows


Saat hendak migrasi ke Linux, kadang pasti masih muncul rasa berat untuk "move on" dari Windows yang selama ini masih terlanjur dicinta. dan memang sejujurnya migrasi dengan berpindah 100% ke Linux dari Windows berpotensi menimbulkan masalah, khususnya bila banyak pekerjaan (yang berhubungan dengan komputer tentunya) yang masih harus diselesaikan. Pada postingan kali ini SmilePedia akan memberikan tutorial cara mudah untuk membuat dual boot atau membuat partisi Linux dari Windows. Nah, setelah memastikan Anda masih punya ruang kosong cukup luas untuk dialokasikan ke Linux, mari sekarang kira ubah (resize) ukuran partisi yang ada. Windows Vista dan 7 telah menuediakan peranti pengubah ukuran partisi, jadi tidak perlu menginstal peranti tambahan. Untuk instalasi Linux, paling tidak sediakan partisi sebesar 10GB. Lebih besar tentu lebih baik.

Langkah-langkah untuk mengubah ukuran partisi adalah sebagai berikut:
1. Buka Control Panel


2. Klik System and Security lalu klik Create and format hard disk partitions. Bila Anda kesulitan menemukannya, masukkan saja kata kunci "partitions" pada kotak pencarian.

 

3. Klik kanan pada gambar partisi yang hendak diubah ukurannya, lalu pada menu yang muncul pilih Shrink Volume.

 

4. Pada kotak dialog yang muncul, di bagian "Enter the amount of space to shrink in MB", masukkan angka yang Anda inginkan untuk partisi baru (dalam MB). Dalam contoh ini saya ingin partisi baru untuk instalasi linux sebesar 10GB maka sama memasukkan angka 10000 di bagian "Enter the amount of space to shrink in MB". Bila sudah klik tombol Shrink.


(Penjelasan langkah ke-4 adalah sebagai berikut: misalnya Anda memiliki partisi sebesar 100.000MB dan ruang kosong di partisi tersebut adalah 40.000MB, maka angka 100000 akan muncul di bagian "Total size before shrink in MB" dan angka 40000 akan muncul pada bagian "Size of available shrink space in MB" dan muncul di "Enter the amount of space to shrink in MB". Jika Anda ingin membuat partisi baru sebesar 10.000MB, maka ubah angka 40000 di bagian "Enter the amount of space to shrink in MB" menjadi 10000)

5. Setelah partisi dibuat maka akan muncul partisi baru seperti ini:


Instalasi Linux
Sekarang partisi kosong sudah siap. Anda bisa melakukan instalasi Linux dan ditujukan pada partisi kosong tadi. Sebagai pemula, sangat disarankan untuk memilih distribusi Linux yang relatif mudah dan banyak komunitas penggunanya misalnya Ubuntu, Fedora, CentOS, dan Linux Mint.

Itu tadi cara membuat partisi untuk dual boot Linux dengan windows, semoga bermanfaat.

.:Salam Smile:.
^^

16 comments:

Anonymous said...

mas, seandainya saya mau memertisi drive E, sementara di drive E itu sudah ada isinya. yan saya tanyakan apakah isi yan sudah ada di drive E akan hian steah saya partisi? terimakasih

Ishana Balaputra said...

Anonim@ Cek dulu sisa ruang hard disk yang masih kosong berapa, jangan buat partisi melebihi ruang kosong yang tersedia..Data2 tidak akan hilang jika tidak diformat/delete..^^

Stevanus Noval Arianto said...

itu install linuxnya langsung kayak install biasa kan bang?

Ishana Balaputra said...

Stevanus@ iya, panduannya juga ada di blog ini..silahkan gunakan fitur search untuk mencari.,.,^^

Anonymous said...

Mas..Klo bs tolong dong bkin tutorial menjalankan Virtual Box,Drop Box dan Gnome Shell/Gnome tweak Tool...Saya udah Install, tp ga tau jalanin nya...Satu lg mas,klo di Wndows kn kt bs bka MyComputer-Properties....Klo di Ubuntu gmn..? Thanks....

Anonymous said...

Satu lg Mas...Wine...Trims ya..and Maaf klo ngerepoti..

Ishana Balaputra said...

Untuk virtualbox sepertinya sudah sy posting mengenai cara instal ubuntu di VB..

Cara menggunakan Gnome shell, setelah Anda instal kemudian Anda logout, login kmbali -> masukkan pzword -> pilih sesi Gnome Shell sob baru masuk ke desktop.

Membuka MyComputer-Properties tujuan Anda untuk melihat apa sob??

Untuk cara menggunakan wine mungkin sederhananya seperti ini, klik kanan file .exe milik windows dan klik "Open with Wine.." untuk menginstal aplikasi itu pada Linux.

Cara instal dropbox gunakan perintah ini "sudo apt-get install nautilus-dropbox", Lihat direktori dropbox di home folder Anda, simpan file di situ bila Anda ingin menyimpan di dropbox.

onotriana said...

mas, bukan free space yang muncul malah, unlaucated,,,ahhahhhhhhhhhh BINGUNGS,,,, hikssss

Ishana Balaputra said...

Apakah sudah benar langkahnya??
Coba di delete dulu dan lakukan lagi..
^^
semoga berhasil

suffer said...

mas install vedora menggunakan vmware di windows 8 gmn caranya yah? tolong pencerahanya,, trims

Ishana Balaputra said...

Cara instalnya sama mz bro seperti menginstal distro Linux lain..

Argo Dwiyu Laksono said...

gan galo sama win 8 jadi ngga?
tapi kayanya leptopnya kasian masa OS-ya ada dua ,,hehehe

mohon penceahannya

Anonymous said...

kalo laptop dipoligami bakal crash gag ya????? saya sudah coba install tapi si ubuntunya gag mw jalan.. gimana nih??

Anonymous said...

gan kok pas ane klik shrink,,kursornya cuma mumet2 aja.???
truz klo pke software bza nggk n pke software apa.???
maaf bnyak nanya..
hehehehe

Anonymous said...

Mas Numpan, Nanya Ya. Partisi pertama yang di buat dan Memilih Swap TujuanNya untuk apa ya ? sedangkan sistim OSnya kan di isntall pada patisi ke dua dengan Ext4 journaling file system. mohon PenjelasanNya mas.

Fauzi said...

makasih infonya mas, sangat bermanfaat :)

Post a Comment

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Saran dan komentar Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas Artikel yang kami tuliskan.

Follow Us

Follower

Blog Archive