• Selamat Datang di SmilePedia Blog

    Terimakasih telah berkenan mengunjungi blog ini. SmilePedia Blog adalah sarana untuk belajar sistem operasi berbasis Linux/Ubuntu. Blog ini dibuat karena kami ingin berbagi informasi seputar Ubuntu. Kami harap tutorial-tutorial yang kami tulis dapat dipahami secara mudah dan jelas.

  • Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!

    Satu lagi penyedia layanan Web Hosting dan Domain terbaik nomor 1 dan termurah di Indonesia yaitu Rajawebhost.com. Garansi 14 hari uang kembali, proses aktivasi cepat dalam hitungan detik, memberikan kecepatan akses yang tiada tara, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Langsung saja ke Rajawebhost.com. Baca selengkapnya di sini!!

  • Download Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) Final

    Quantal Quetzal sudah dirilis dan tersedia untuk di-download. Quantal Quetzal membawa berbagai update seperti kernel 3.5, lingkungan desktop Gnome 3.6.0, dan interface Unity 6.8, serta aplikasi perkantoran seperti LibreOffice 3.6.2

  • Hal Yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 12.10

    Setelah Anda menginstal Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk memberi panduan kepada pemula di Ubuntu mengenai apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 12.10.

  • Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail) Hadir Dengan LibreOffice 4.x Series

    Beberapa inovasi sudah beredar bahwa Ubuntu 13.04 akan diberi nama Raring Ringtail, dan berita terbaru ini mengacu pada LibreOffice yang akan dipasang pada Ubuntu 13.04 yaitu pada versi 4.x. series

Tuesday, August 7, 2012

[AYAT] Instal Aplikasi Al-Qur'an di Ubuntu 12.04


Assalamualaikum sobat Smile. pada tutorial kali ini saya akan memberikan link download untuk menginstal aplikasi Al-Qur'an untuk Linux, namun juga ada versi untuk Windows dan Mac. Al-Qurán merupakan kalam Allah (firman Allah), pegangan hidup umat muslim. Barangsiapa selalu hidupnya tiada hari tanpa membaca, mempelajari dan mengamalkannya, Allah memberikan imbalan berupa ganjaran pahala yang tiada terhingga, subhanallah.
Aplikasi ini bernama AYAT, Anda bisa mendengar, membaca + terjemahannya, belajar tajjuid, dan tafsir dalam banyak bahasa.


Nah untuk dapat menginstal AYAT pada Ubuntu 12.04 Anda harus menginstal Adobe Air terlebih dahulu. Adobe Air Bisa Anda download di link ini http://ftp.leg.uct.ac.za/canonical-partner/pool/partner/a/adobeair/ lalu install seperti biasa.
Download installer Ayat dari Link ini quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en&pg=download Pilih yang Linux Version, file hanya sebesar 22 MB.


Setelah selesai download, ekstrak file 'Ayat-v1.1.0_linux.tar.gz' hingga mendapatkan 1 folder yang berisi 3 file yaitu 'ayat.air, Ayat 1.1.0 installer, dan setup.tar'.


Tidak usah pikir panjang langsung saja double klik file ayat.air untuk menginstal. Ikuti petunjuknya, instal seperti biasa.





Setelah proses instalasi selesai akan muncul icon seperti ini pada desktop.


Double klik icon Ayat untuk menjalankan aplikasi ini, tapi Anda harus konek dengan internet agar dapat menggunakan aplikasi ini. Seiring mendengarkan Al-Qur'an dari aplikasi ini maka aplikasi ini sekaligus akan mendownload ayat-ayat Al-Qur'an dengan sendirinya.
Jika Anda ingin menggunakannya secara offline, Anda harus mendownload Conten Pack terlebih dahulu di sini http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en&pg=patches.

Recitation Pack

Download semua sebanyak 30 jus. Setelah selesai download, double klik untuk mengekstrak Conten Pack. Selanjutnya Anda dapat menggunakannya secara Offline.

Ayat Aplikasi

Selamat Mengaji...
.:Salam Smile:.
:D

12 comments:

Buka Rahasia said...

lumayan repot juga nih sob,tapi makasih banyak infonya sob

xxkampus said...

Jika langsung praktek mudak kok kawan..^^

Anonymous said...

content packnya didouble klik ko ga bisa ya..error gitu.pake linux mint 13

xxkampus said...

Apakah ada pesan erornya??
Pastikan aplikasi Ayat sudah terinstal dengan baik dan file conten pack sudah didownload dengan sempurna.
^^,

Anonymous said...

audionya kok nggak bisa jalan secara offline ya, padahal sudah diekstrak?

xxkampus said...

Milik saya lancar2 saja gan..
Mungkin ada yang salah

Anonymous said...

sukses thanks broo pake mint 13...

elektronikabersama said...

Alhamdulillah saya pake Linux Mint Isadora

Unknown said...

mantab, trimakasih banyak sangat2 berharga

abiqolbi said...

sudah saya ikuti semua tahapan tetapi minta password root,sudah saya berikan tapi password saya di tolak padahal kalau saya jalankan terminal passwd saya diterima

abiqolbi said...

mohon pencerahannya,saya pakai ubuntu 14.04

Anisamei said...

kalo install lewat terminal ada direktorynya?

Post a Comment

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Saran dan komentar Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas Artikel yang kami tuliskan.

Follow Us

Follower

Kode Worker

Blog Archive