• Selamat Datang di SmilePedia Blog

    Terimakasih telah berkenan mengunjungi blog ini. SmilePedia Blog adalah sarana untuk belajar sistem operasi berbasis Linux/Ubuntu. Blog ini dibuat karena kami ingin berbagi informasi seputar Ubuntu. Kami harap tutorial-tutorial yang kami tulis dapat dipahami secara mudah dan jelas.

  • Mau Bikin Website + Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja!

    Satu lagi penyedia layanan Web Hosting dan Domain terbaik nomor 1 dan termurah di Indonesia yaitu Rajawebhost.com. Garansi 14 hari uang kembali, proses aktivasi cepat dalam hitungan detik, memberikan kecepatan akses yang tiada tara, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Langsung saja ke Rajawebhost.com. Baca selengkapnya di sini!!

  • Download Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) Final

    Quantal Quetzal sudah dirilis dan tersedia untuk di-download. Quantal Quetzal membawa berbagai update seperti kernel 3.5, lingkungan desktop Gnome 3.6.0, dan interface Unity 6.8, serta aplikasi perkantoran seperti LibreOffice 3.6.2

  • Hal Yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 12.10

    Setelah Anda menginstal Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk memberi panduan kepada pemula di Ubuntu mengenai apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 12.10.

  • Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail) Hadir Dengan LibreOffice 4.x Series

    Beberapa inovasi sudah beredar bahwa Ubuntu 13.04 akan diberi nama Raring Ringtail, dan berita terbaru ini mengacu pada LibreOffice yang akan dipasang pada Ubuntu 13.04 yaitu pada versi 4.x. series

Friday, February 8, 2013

Download Dan Instal LibreOffice 4.0 Final Di Ubuntu


Akhirnya LibreOffice 4.0 Final telah dirilis kemarin, yang menurut pengumuman resmi, adalah rilis "pertama yang mencerminkan tujuan yang ditetapkan oleh masyarakat pada saat pengumuman, pada bulan September 2010: basis kode lebih bersih dan lebih ramping, yang ditingkatkan set fitur, interoperabilitas yang lebih baik, dan ekosistem yang lebih beragam dan inklusif ".

libreoffice 4.0

Versi baru ini membawa dukungan Unity Appmenu, pilihan untuk menggunakan Personas Firefox, interoperabilitas yang lebih baik dengan dokumen DOCX dan RTF dan perubahan lainnya.

Perubahan penting pada LibreOffice 4.0 antaralain:
  • Interoperabilitas dengan DOCX dan dokumen RTF yang lebih baik;
  • Kemungkinan untuk mengimpor dokumen Microsoft Publisher;
  • Integrasi dengan konten dan beberapa sistem manajemen dokumen - termasuk Alfresco, IBM FileNet P8, Microsoft Sharepoint 2010, Nuxeo, OpenText dan lain-lain;
  • Writer: memungkinkan header yang berbeda dan footer pada halaman pertama tanpa menggunakan gaya halaman terpisah;
  • Pengenalan teknik tata letak widget untuk jendela dialog, yang membuatnya lebih mudah untuk menerjemahkan, mengubah ukuran dan menyembunyikan elemen UI, mengurangi kompleksitas kode, dan meletakkan dasar untuk sebuah antarmuka pengguna yang lebih baik
  • Linux: GStreamer dukungan 1,0, dan refactor kode Gstreamer yang ada;
  • New template manager;
  • Impor PDF, Konsol Presenter, dan Python Provider Scripting tidak lagi ekstensi dibundel tetapi fitur inti;
  • Peningkatan kinerja yang signifikan ketika loading dan menyimpan berbagai jenis dokumen.
template manager

Versi baru ini juga dilengkapi integrasi Unity integration out of the box, yang berarti Anda tidak akan perlu menginstal paket terpisah untuk mendapatkan dukungan appmenu (menu global):

libreoffice appmenu

Namun, integrasi appmenu secara default tidak bekerja di tes saya di bawah Ubuntu 12.04 atau 12.10 (dengan file deb LibreOffice yang didownload dari situsnya). Hal ini tidak bekerja dengan LibreOffice versi 4.0 beta 2 yang tersedia di LibreOffice Pre-Release PPA untuk Ubuntu 13.04.

Dan ada juga dukungan untuk Tema Firefox (Persona) yang dapat Anda gunakan untuk memberikan tampilann pribadi LibreOffice:

libreoffice persona

libreoffice persona

Untuk menampilkan Personas, pada menu LibreOffice pilih Tool > Options > Personalization > Select Persona.

Dengan LibreOffice 4.0, ada juga rilis pertama dari App Remote Control Impress untuk Android yang untuk saat ini hanya mendukung sejumlah distribusi Linux tetapi dalam rilis kedua yang akan segera hadir, semua platform harus didukung: Windows, Mac OS X dan semua distro Linux:

libreoffice impress android

Download LibreOffice 4.0
Ubuntu: Pengguna Ubuntu 13.04 dapat menggunakan LibreOffice Pre-Release PPA untuk menginstal LibreOffice 4.0 beta 2. Ada juga LibreOffice 4.0 alpha 1 di PPA yang sama untuk Ubuntu 12.10, tapi saya tidak merekomendasikan menginstal itu. Lebih mudah untuk hanya men-download file deb LibreOffice 4,0 dari halaman download LibreOffice.

Lebih baik menunggu untuk PPA LibreOffice stabil untuk diperbarui, tapi jika Anda tidak bisa menunggu, untuk menginstalnya di Ubuntu, pertama Anda harus menghapus instalasi LibreOffice saat ini:

sudo apt-get purge libreoffice*

Kemudian, download LibreOffice deb arsip dari website, ekstrak, dan di dalam folder di mana file deb yang diekstrak Anda akan menemukan sebuah folder bernama "desktop-integration" dengan file deb di dalam - copy deb ini ke folder di mana file deb yang lain ditempatkan dan jalankan perintah berikut dari terminal untuk menginstal LibreOffice 4.0:

sudo dpkg -i /path/to/libreoffice/DEBS/*.deb


Tersedia untuk Windows, Mac OSX, Linux, serta tersedia file sumber

.:Salam Smile:.
o.O

2 comments:

Riev - Bapo said...

ini dia yang ane cari² akhirnya ketemu juga ...

Ishana Balaputra said...

Silahkan dipakai sob mmpung masih hangat..

Post a Comment

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Saran dan komentar Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas Artikel yang kami tuliskan.

Follow Us

Follower